Jumat, 16 September 2011

Jumat, 16 September 2011
KABUPATEN MERAUKE DIPROYEKSIKAN SEBAGAI BASIS PEMASARAN HASIL PERIKANAN KE LUAR NEGERI

Proyeksi itu dilakukan karena kabupaten Merauke merupakan satu-satunya daerah di Papua yang selama ini eksis dalam eksport hasil perikanan setiap tahunnya sekaligus sebagai penyumbang devisi Negara.
Kepala Bidang Usaha Perikanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Propinsi Papua Sihar Simatupang yang ditemui wartawan disela-sela sosialisasi pembinaan Eksportir hasil perikanan di kabupaten Merauke menjelaskan hal itu juga di dasarkan pada potensi perikanan di wilayah selatan yang sangat melimpah,bahkan wilayah selatan Papua termasuk dalam daftar 3 besar penghasilan perikanan terbanyak di dunia.
Dengan potensi yang dimiliki serta pangsa pasar yang sangat menjanjikan untuk Negara tujuan seperti Australia, Uni Eropa, Eropa Timur, Amerika Serikat ungkap Sihar Simatupang diharapkan kedepan, ekport hasil perikanan itu tidak hanya dilakukan sekitar 12 perusahaan yang beroperasi di Merauke tetapi juga UMKM yang selama ini melakukan pengiriman terbatas antar pulau.

Menurut kepala bidang Usaha Perikanan, selama ini baru dua UMKM yang dinilai layak melakukan aktivitas ekspor sehingga perlu di dorong UMKM lainnya agar perdagangannya tidak terbatas di dalam Negeri tetapi juga ke luar Negeri.
Upaya yang di lakukan Pemda Provinsi Papua dan Pemda Merauke itu lanjut Sihar Simatupang sekaligus untuk mewujudkan visi “ Menjadikan Indonesia Sebagai Eksportir perikanan terbesar di tahun 2015 “ yang di canangkan Menteri Perikanan.
Sementara Sekertaris Dinas Perikanan Dan Kelautan Kabupaten Merauke Marta Kasiran mengungkapkan sosialisasi itu diikuti perwakilan 4 perusahaan perikanan serta para pengumpul hasil perikanan untuk memberikan pemahaman tentang Eksporting serta kebijakan tehknis perikanan yang di tetapkan Pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar