Selasa, 13 September 2011


Selasa, 13 September 2011
DINAS PEMUDA DAN OLAH RAGA KABUPATEN MERAUKE, PAGI TADI MENGGELAR PELATIHAN KETERAMPILAN HOME INDUSTRI BAGI PEMUDA-PEMUDI ASLI PAPUA DISTRIK SEMANGGA TAHUN 2011.

Kegiatan yang diikuti 20 peserta perwakilan dari 4 kampung yaitu kampung Urumb, Matara, Waninggap Nanggo dan kampung Kuper itu, berlangsung selama 10 hari bertempat di SMA Negeri Urumb.
Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Tobias Wallong menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan di bidang wira usaha bagi anak asli Papua sebagai generasi penerus Bangsa, agar mampu menciptakan dan membuka lapangan usaha kerja sendiri serta meningkatkan taraf hidup masyarakat diwilayah perkampungan.
Menurut Tobias Wallong, putra-putri asli Marind diminta mampu merubah pola hidupnya, untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarga, karena itu pelatihan yang bersumber dari dana OTSUS itu khusus diperuntukan bagi orang asli Papua, dalam rangka pemberdayaan masyarakat lokal.

Selain itu, wilayah kampung masih memiliki potensi alam  dan kearifan lokal yang melimpah, seperti udang, ikan, dan sagu yang dapat diolah menjadi bahan makanan dengan kualitas dan harga jual yang relatif tinggi, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat dan keluarga di daerah setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar